SITEMAP

CONTACT US

Cari di Blog Ini

 
Selamat Datang di Web Blog Pembelajaran IPA Sahabat 2 Edu By: Ferry Yutama (ferry.yutama@gmail.com)

POS UN DAN KISI-KISI USBN 2017 / 2018

Tuesday, January 9, 2018

Download POS UN 2018 resmi dari BSNP | Prosedur Operasional Standard (POS) Ujian Nasional 2018 begitu dinanti-nantikan banyaknya pihak. Terlebih oleh beberapa pengelola instansi pendidikan seperti kepala sekolah serta guru. Prosedur Operasional Standard Penyelenggaraan Ujian Nasional ini diterbitkan oleh BSNP. Dalam POS Ujian ini tertuang ketentuan penyelenggaraan ujian dari bagian administrasi sampai pengerjaannya.

Tentang POS UN 2018 resmi dari BSNP

POS Ujian Nasional disusun pada tiap-tiap tahun pelajaran. Oleh karena itu, POS Ujian nasional untk tahap SMP/MTs. SMA/MA serta SMK mungkin berbeda untuk tiap-tiap tahunnya. Tiap-tiap sekolah yang mengadakan Ujian Nasional, mesti ikuti semuanya ketentuan yang ada didalam POS UN. Sekolah tidak diperbolehkan buat ketentuan sendiri-sendiri, terlebih ketentuan itu tidak sama dengan ketentuan yg di buat oleh BSNP.
Didalam POS UN 2018 ini berisi beragam jenis hal berkaitan dengan tehnis proses Ujian Nasional. Dari mulai step persiapan, proses sampai sesudah proses Ujian berjalan. Semua telah lengkap diulas dalam POS UN 2018. Pihak sekolah, mesti membaca serta mengerti semuanya ketentuan yang tertera dalam POS Ujian itu. Hingga proses Ujian di sekolahnya dapat berjalan dengan lancar.

A. Kriteria Peserta Ujian Nasional 2018

  1. Peserta didik yg terdaftar pada SMP/MTs SMPTK SMA/MA SMAK SMTK  SMK MAK, serta SPK.
  2. Peserta didik yg mempunyai ijazah atau surat keterangan lain yg setara, atau berpenghargaan sama juga dengan ijazah dari satuan pendidikan yang satu tingkat lebih rendah. Penerbitan ijazah yg disebut sedikitnya 3 (tiga) th. sebelumnya ikuti US, atau sedikitnya 2 (dua) th. utuk peserta program SKS.
  3. Peserta Ujian dari program SKS mesti berasal dari unit pendidikan yang terakreditasi A serta mempunyai izin penyelenggaraan program SKS.
  4. Peserta didik Warga Negara Indonesia (WNI) pada Unit Pendidikan Kerja sama (SPK) harus ikuti UN untk semua mata pelajaran yg diujikan sesuai dengan ketetapan yang berlaku pada pendidikan resmi.
  5. Peserta didik yng belajar di SPK di Indonesia bisa mendaftar serta ikuti Ujian Nasional pada unit pendidikannya yg atau satuan pendidikan pelaksana terakreditasi A yang diputuskan oleh Dinas Pendidikan sesuai dengan kewenangannya.
  6. Warga negara Indonesia yang belajar di sekolah asing diluar negeri bisa ikuti UN, sama sesuai ketetapan yng diputuskan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah dan/atau lembaga yng berwenang di Kementerian Agama.

B. Pendaftaran Peserta Ujian Nasional di POS UN 2018

  1. Sekolah/Madrasah pelaksana melakukan pendataan calon peserta.
  2. Sekolah pelaksana Ujian Nasional mengirimkan data calon peserta ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemdikbud dan kirim tembusannya ke Panitia Tingkat Propinsi,Kabupaten,Kota sesuai dengan kewenangannya.
  3. Panitia Tingkat Propinsi-Kabupaten-Kota sesuai dengan kewenangannya lakukan verifikasi calon data peserta untk diputuskan menjadi Daftar Nominasi Sementara (DNS) serta kirimnya ke satuan pendidikan.

C. Jadwal UN 2018 untuk tingkat SMP SMA dan SMK

1. Jadwal UNBK SMK



2. Jadwal UNBK SMA/MA/SMAK/SMTK


3. Jadwal UNBK SMP/MTs

4. Jadwal UN untuk Pendidikan Kesetaraan

Kriteria Pencapaian Kopetensi lulusan hasil UN 2018

Nilai hasil UN dilaporkan dalam rentang nilai 0 (0) s/d 100 (seratus), dengan tingkat perolehan kompetensi lulusan dalam kelompok seperti berikut :
  • sangatlah baik, bila nilai semakin besar dari 85 (delapan puluh lima) serta lebih kecil dari atau sama juga dengan 100 (seratus) ;
  • baik, bila nilai semakin besar dari 70 (tujuh puluh) serta lebih kecil dari atau sama juga dengan 85 (delapan puluh lima) ;
  • cukup, bila nilai semakin besar dari 55 (lima puluh lima) serta lebih kecil dari atau sama juga dengan 70 (tujuh puluh) ; dan
  • kurang, bila nilai plus kecil dari atau sama juga dengan 55 (lima puluh lima).
Preview 

Nah itulah ringkasan prosedur operasional ujian nasional tahun 2018, untuk mendownload file POS UN 2018 BSNP silahkan klik link download yang sudah admin siapkan dibawah ini format file .PDF:
Download POS UN 2017/2018

Download POS USBN 2017/2018

Download Kisi-kisi USBN SMA 2017/2018

Download Kisi-kisi USBN SMK 2017/2018

Download Kisi-kisi USBN SMP 2017/2018

Cara Download:

  1. Ketika link Download di Klick, maka akan diarahkan pada halaman Adf.ly
  2. Selanjutnya perhatikan pada bagian kanan atas Laman hingga tulisan "Please Wait..." berubah menjadi "SKIP AD >"
  3. Klik pada tulisan "SKIP AD >" dan lanjutkan dengan download.
  4. Jika Laman tidak terbuka otomatis, kemungkinan anda menggunakan Add Block, non aktifkan terlebih dahulu pada menu : setting >> Ad Block >> nonaktifkan dengan mencabut centang,  dan lanjutkan download.


Jangan Lupa Subscribe dan Beri Komentar yang mendukung, agar Kami dapat meningkatkan www.sahabat2edu.blogspot.co.id menjadi lebih baik.

3 komentar:

Moch. Hikam Rofiqi said...

Terimakasih

unknown said...

Terimakasih pak🤗🤗🤗

blogkiita said...

Terima kasih. sangat membantu👍

Post a Comment

Subscribe to my Newsletter