SITEMAP

CONTACT US

Cari di Blog Ini

 
Selamat Datang di Web Blog Pembelajaran IPA Sahabat 2 Edu By: Ferry Yutama (ferry.yutama@gmail.com)

Laporan Akhir Pembuatan Media Pembelajaran

Saturday, December 23, 2017

A.     RASIONAL
Pada pembelajaran IPA proses belajar mengajar tidak cukup dilakukan dengan metode ceramah biasa. Terkadang dalam diskusi kelompok peserta didik cenderung diam, pasif dan kurang memahami konsep materi yang telah disampaikan. Hal ini menunjukkan aktivitas belajar peserta didik masih rendah. Sehingga, proses pembelajaran IPA harus melibatkan peserta didik aktif dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. Proses penyampaian konsep suatu materi tertentu juga perlu dikemas sangat menarik dan baru bagi peserta didik agar dapat menarik perhatian peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dari awal hingga akhir.
Berdasarkan hasil observasi terhadap peserta didik diperoleh informasi tentang faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu:
1)    Proses belajar mengajar terkesan monoton dan penyampaian konsep suatu materi pembelajaran belum menggunakan media audio visual yang menarik;
2)     Sebagian peserta didik belum memahami konsep materi yang disampaikan karena kurang terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Hal ini nampak pada saat diskusi dan tanya jawab bersifat konstruktifis di kelas;
3)    Guru perlu mengkombinasikan metode dan media pembelajaran yang dapat menjadikan peserta didik subjek pebelajar.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan metode eksperimen. Metode eksperimen adalah suatu cara mengajar, di mana peserta didik melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan di depan kelas dan dievaluasi oleh guru. Selain itu penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran IPA juga dapat menunjang peningkatan hasil belajar peserta didik. Salah satu cara yaitu dengan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Lectora Inspire. Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat presentasi sejenis Power Point akan tetapi mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap. Salah satu kelebihannya adalah kita bisa membuat bahan ajar sekaligus kuis terpadu. Proses belajar mengajar IPA dengan mengkombinasikan kegiatan eksperimen dan Aplikasi Lectora Inspire sebagai media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Melihat uraian di atas maka penyusun bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode experiment dan pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada materi pokok Tekanan.

B.     TUJUAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sesuai dengan rasional yang telah dikemukakan pada poin sebelumnya, maka tujuan pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire ini antara lain:
1.    Mempermudah proses pembelajaran peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro pada materi pokok Tekanan
2.    Meningkatkan efisiensi proses pembelajaran peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro pada materi pokok Tekanan
3.    Membantu tercapainya tujuan belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro materi pokok Tekanan
4.    Membantu konsentrasi peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro dalam proses pembelajaran pada materi pokok Tekanan
5.    Meningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro pada materi pokok Tekanan”.

C.     MANFAAT PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
Manfaat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire adalah sebagai berikut :
v  Bagi Peserta Didik
1. Proses belajar mengajar akan lebih menarik perhatian peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
2.  Bahan pendidikan akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih di pahami peserta didik, serta memungkinkan peserta didik menguasai tujuan pendidikan dengan baik
3.  Metode pembelajaran bervariasi, sehingga metode komunikasi tidak hanya secara verbal melalui penuturan kata-kata lisan sehingga peserta didik tidak bosan.
4. Peserta didik lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasan, tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lainya.
v  Bagi Pendidik
1.    Memberikan pedoman, arah untuk mencapai tujuan
2.    Menjelaskan struktur dan urutan pendidikn dengan baik
3.    Memberikan kerangka sistematis secara baik.
4.    Memudahkan kembali pendidik terhadap materi pembelajaran
5.    Membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian dalam pembelajaran.
6.    Membangkitkan rasa percaya diri seorang pendidik.
7.    Meningkatkan kualitas pembelajaran

D.     DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN


Gambar D.1 Opening Lectora Inspire

Desain Media pembelajran dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire sebagai berikut:


Gambar D.2 Menu utama Lectora Inspire



Gambar D.3 Halaman awal Lectora Inspire

Gambar D.4 Desain awal media dengan menggunakan Lectora Inspire

E.     PROSEDUR CARA MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN
Langkah Install Aplikasi Lectora Inspire:
1.    Download file di alamat ( https://www.kuyhaa.mee/lectora-inspire-full-version.html ) dengan Size : 1.2 Gb.
2.    Extract file hasil download, jika diperlukan pasword dalam prosesnya maka masukkan pasword : www.kuyhaa.me.
3.    Silahkan Install aplikasi Lectora Inspire hingga selesai.

Langkah Aktivasi Aplikasi Lectora Inspire:
1.    Buka folder crack pada file download.
2.    Copy seluruh isi dalam folder tersebut.
3.    Paste ke pada C:\Program Files (x86)\Trivantis\Lectora Inspire
4.    Replace isi file yang asli.
5.    Dan selesai aktivasi secara utuh.
6.    Silahkan buka aplikasi dan mulai pengalaman baru. Salam hebat luar biasa.

F.      DESKRIPSI CARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.   Buka aplikasi Lectora Inspire yang telah terinstal melalui shortcut maupun pada aplikasi aslinya langsung. Anda akan disuguhkan tampilan antar muka seperti di bawah ini. Untuk penjelajahan singkat tentang aplikasi ini maka anda dapat memilih Quick Tour pada menu bantuan di pojok kanan atas.


Gambar F.1 Panel Quick Tour
 
2.     Setelah Anda membuka aplikasi, Anda akan melihat tampilan slide awal dengan antar muka masih kosong dan belum menggunakan tema tertentu. Anda dapat memilih tema sesuai dengan keinginan Anda.



Gambar F.2 Slide awal

3.     Di bagian atas Anda akan menemukan fungsi penting pita utama yang berisi pilihan untuk memilih menu dan untuk perintah cepat. Daerah ini juga akan menampilkan konteks perangkat pita berbasis objek.

Gambar F.3 Pita Menu Utama
 
4.      Di panel sebelah kiri Anda akan menemukan Title Explorer. Area ini menampilkan struktur kursus dan urutan objek dan tindakan di dalam judul Anda. Anda dapat menarik dan melepas halaman dan objek untuk mengatur ulang judul Anda. Klik dua kali objek untuk menampilkan kelengkapan pitanya di bagian atas.

Gambar F.4 Menu Title Explorer

5.      Shortcuts  memungkinkan Anda untuk dengan mudah menambahkan Bab, Bagian, atau Laman ke judul Anda, atau konten Check-In / Check-Out dalam judul bersama

Gambar F.5 Menu Shortcuts

6.    Page adalah kanvas tempat Anda menempatkan dan mengatur konten Anda. "Slide" inilah yang akan dilihat siswa Anda. Anda dapat memotong konten dari halaman dengan tumpang tindih dengan tepi halaman. Anda bahkan dapat menempatkan konten sepenuhnya dari halaman dan menghidupkannya ke halaman. Siswa hanya akan melihat item pada - atau dipindahkan ke - area tampilan halaman.

Gambar F.6 Page

7.   Di sisi kanan Anda dapat mengakses berbagai sumber yang dapat ditambahkan dengan cepat ke halaman judul Anda.
·  Title Resources  - Semua gambar, media, dan lampiran yang sudah ada dalam proyek Anda.
·   Library Objects  - Koleksi objek tersimpan di file pribadi Anda atau sebagai objek perpustakaan bersama.
·   Media Library - Gambar stok, objek indikator status, dan gambar pose karakter, serta media lain yang dibagikan di dalam organisasi Anda.

Gambar F.7 Right Side Bar

8.      Di bagian bawah adalah Status Bar. Di sinilah Anda akan menemukan alat untuk mengelola posisi, ukuran, dan penyelarasan objek, serta mode yang sering digunakan:
·      Edit Mode – Mode kerja Anda untuk membangun judul Anda.
·      Run Mode – Uji fungsionalitas Anda dari halaman ke halaman.
·     Page Preview – Lihat halaman saat ini sebagai siswa akan melihatnya di browser, termasuk script HTML.

Gambar F.8 Status Bar

9.      Home berisi perintah yang paling umum dan sering digunakan. Anda dapat melakukan 60% atau lebih perkembangan Anda dari Home, termasuk mengakses fungsi clipboard dan pengeditan, membuat struktur judul, mengelola elemen teks, mengatur objek, dan menerbitkan


Gambar F.9 Menu Home
 
10. 
 Pada Home, Anda juga dapat menggunakan Quick Insert drop-down list untuk menambahkan benda-benda yang paling umum dengan judul Anda, termasuk blok teks, gambar, tombol, dan tindakan.

Gambar F.10 Menu Quick Insert

 

11.  Design berisi opsi untuk mengonfigurasi judul Anda. Di sini Anda mengatur tampilan umum untuk setiap halaman, termasuk font default, warna, dan ukuran untuk blok teks dan efek transisi halaman-ke-halaman.



Gambar F.11 Menu Design
 
12.  Title Tags adalah label yang mengidentifikasi jenis konten yang terdapat dalam judul, unit bisnis sasaran, taksonomi pembelajaran ... apapun yang Anda inginkan! Buat tag baru atau pilih dari daftar tag yang telah dibuat untuk membantu Anda mengelola judul organisasi Anda.



Gambar F.12 Menu Tittle Tags
 
13. Lebih dari 90 Tema yang dirancang secara profesional dalam berbagai warna dan tata letak disertakan. Bila Anda memilih tema desain, satu set grafis latar belakang dan tombol pencocokan akan ditambahkan ke judul Anda.

Gambar F.13 Memilih Tema
 


14.  Insert menyediakan objek yang Anda butuhkan untuk menambahkan konten kreatif dan interaktif ke judul Anda. Di sini Anda akan menemukan banyak pilihan untuk teks, gambar, audio dan video, tombol, tindakan, menu, dan lainny.

Gambar F.14 Menu Insert
 
15.  Test and Survey berisi pilihan untuk menambahkan pertanyaan, tes, survei, dan formulir objek ke judul Anda.

Gambar F.15 Menu Test and Survey
 

16.  Tambahkan pertanyaan sebagai interaksi yang berdiri sendiri di laman mana pun, atau sertakan dalam tes atau survei yang diajukan ke LMS, database khusus, atau bahkan spreadsheet Google.

Gambar F.16 Menambahkan Pertanyaan
 

17.  Test & Survey, Anda dapat mengubah semua tombol radio dan kotak centang agar lebih baik dari tampilan judul Anda. Jika Anda tidak menyukai gaya default, pilih dari delapan gaya lainnya, atau pilih gambar kustom Anda sendiri!

Gambar F.17 Menu Radio dan Check Boxes
 

18.  Tools berisi opsi bagi Anda untuk mengelola sumber daya di dalam judul Anda. Anda dapat melihat di mana gambar dan media lainnya digunakan dalam judul, membuat variabel, menambahkan catatan ulasan, dan mengakses Tautan Tinjau.

Gambar F.18 Menu Tools
 

19.  Gunakan View untuk memastikan konten Anda muncul seperti yang Anda inginkan. Anda dapat mengaktifkan setelan untuk grid dan panduan untuk membantu Anda menyelaraskan item di halaman Anda sesuai dengan keinginan Anda. Pita Lihat juga berisi opsi untuk beralih di antara mode :
·      Edit Mode – Mode kerja Anda untuk membangun judul Anda.
·      Run Mode – Uji fungsionalitas Anda dari halaman ke halaman.
·     Page Preview – Lihat halaman saat ini sebagai siswa akan melihatnya di browser, termasuk script HTML.

Gambar F.19 Menu View
 
20. Ada banyak pilihan lain yang tersedia bagi Anda dari tab File.


Gambar F.20 Tab File
    Pilihan mencakup kemampuan untuk mengimpor proyek PowerPoint atau mengimpor file paket online yang diekspor dari desktop Lectora atau penerbit online ini.

21.  Lectora memungkinkan Anda membuat atau mengubah judul menjadi responsif. Ini berarti Anda dapat mengembangkan judul untuk dilihat oleh pemirsa utama Anda biasanya di Desktop - lalu sesuaikan bagaimana konten Anda akan muncul bila dilihat di perangkat dan orientasi lain:
·      Phone Portrait
·      Tablet Portrait
·      Tablet Landscape
·      Phone Landscape
Objek secara otomatis akan mengukur ukuran dan posisi untuk setiap tampilan; dari desktop ke tablet, dan dari tablet ke ponsel dalam orientasi yang sesuai.


Gambar F.21 Menu Pilihan Orientasi Tampilan pada Gadget
 
22.  Buat perubahan pada perangkat terbesar yang menerapkan perubahan, dan biarkan menu Desain Lectora menghemat waktu pengembangan Anda. Warna persegi panjang pilihan objek pada halaman, dan label properti pada pita menunjukkan bahwa Anda telah memilih untuk "mengganti" pewarisan tanggap lectora untuk objek itu. Gunakan tombol Reset untuk membatalkan “overrides” yang tidak diinginkan.

Gambar F.22 Mendesain ulang dengan overrides
 
23.  Dari drop-down Publish pada Home, atau toolbar akses cepat di bagian atas jendela, Anda dapat memilih dari sejumlah opsi penerbitan, termasuk penerbitan ke ReviewLink, Web (HTML/HTML5) atau ke Format LMS/LRS Anda: AI CC, SCORM, xAPI


Gambar F.23 Menu Drop-Down Publish pada Home
 

24.  Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang setiap opsi dan antarmuka di judul Click and Learn yang tersedia dari daftar buka-bawah Bantuan dan pada panel Getting Started.

Gambar F.24 Menu Click and Learn
 
G.    DAMPAK PENINGKATAN TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Dampak peningkatan terhadap kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik antara laian:
1.    Lebih Efektif
Media pembelajaran dengan mengunakan aplikasi Lectora Inspire  memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Selain itu, dengan media pembelajaran ini materi yang begitu padat dapat lebih dioptimalkan penyampaiannya. Cara pengoptimalan penyampaian ini dengan metode berkelompok, sehingga aktivitas belajar siswa akan meningkat.
2.    Memotivasi Peserta Didik
Media pembelajaran dengan mengunakan aplikasi Lectora Inspire memungkinkan proses pembelajaran disampaiakan semakin manarik sehingga membuat semangat peserta didik meningkat. Pendidik dapat bebas membuat kreasi menarik yang disesuaikan dengan konsep materi tertentu dan dapat merangsang keaktifan siswa dalam pembelajaran tersebut.
3.    Memperlancar Interaksi.
Media pembelajaran dengan mengunakan aplikasi Lectora Inspire akan meningkatkan kualitas interaksi, baik itu interaksi pendidik dengan peserta didik, maupun interaksi antar peserta didik atau peserta didik dengan materi yang disampaikan. Sehingga media pembelajaran ini akan membantu peserta didik belajar secara optimal.
4.    Proses Belajar Menjadi Lebih Menarik.
Media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire dapat membangkitkan keingintahuan peserta didik, merangsang peserta didik untuk bereaksi terhadap penjelasan pendidik, dan membantu mengkongkritkan sesuatu yang abstrak.
5.    Pengelolaan Pembelajaran Lebih Efektif Dan Efisien.
Media pembelajaran dengan mengunakan aplikasi Lectora Inspire  pendidik dapat terbantu dalam proses menjelaskan materi bergambar atau pun materi dengan konsep yang bersifat abstrak.
6.    Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik.
Media pembelajaran dengan mengunakan aplikasi Lectora Inspire tidak hanya membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien tetapi juga dapat membantu peserta didik menyerap materi pelajaran lebih dalam dan utuh. Hal ini tentunya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
7.    Menimbulkan Sikap Positif Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran.
Media pembelajaran dengan mengunakan aplikasi Lectora Inspire dirancang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik sehingga dapat menimbulkan sikap positif peserta didik terhadap proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena media yang disajikan memuat materi dengan konkrit disertai dengan contoh-contoh yang sesuai sehingga memudahkan penerimaan transfer informasi bagi peserta didik.

H.    KEPUSTAKAAN



Jangan Lupa Subscribe dan Beri Komentar yang mendukung, agar Kami dapat meningkatkan www.sahabat2edu.blogspot.co.id menjadi lebih baik.

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to my Newsletter