1.4.a.9. Forum Berbagi Aksi Nyata - Budaya Positif Gemar Membaca Melalui
Pojok Baca
Ferry Yudha Pratama, S.Pd., Gr.
SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro
Latar Belakang
Budaya membaca dapat
ditingkatkan dengan berbagai cara, salah satunya ialah memberitahukan fungsi
dari membaca itu sendiri. Berikut dipaparkan beberapa fungsi membaca:
· Membaca
merupakan suatu gerbang untuk mencapai kesuksesan. Mengapa demikian? Karena
dengan membaca kita dapat menambah ilmu serta wawasan, dengan begitu kita dapat
mencapai gerbang kesuksesan dengan mudah. Tentu saja kita semua ingin menjadi
orang sukses, maka dari itu kita harus membudidayakan budaya membaca sedini
mungkin.
· Membaca
juga merupakan alat untuk menjelajah dunia. Hanya dengan membaca kita dapat
mengetahui, mengenal, merasakan dunia tanpa harus benar-benar pergi keliling
dunia. Kita hanya perlu membaca buku-buku mengenai sejarah-sejarah dunia,
budaya-budaya yang ada di dunia, dll.
· Membaca
menuntun kita untuk menjadikan negara kita menjadi negara yang maju. Karena
dengan banyak membaca, kita bisa menjadi orang yang cerdas. Dengan menjadi
orang yang cerdas kita bisa membangun negara kita menjadi negara yang
terpandang, negara yang tidak diremehkan, dan negara yang diakui karena
kehebatannya.
Untuk itu salah satu cara
dalam menciptakan lingkungan dengan budaya membaca adalah mengadakan Pojok Baca
di setiap kelas. Pojok Baca adalah suatu kegiatan yang dilakukan siswa di
setiap waktu luang disela-sela jam pelajaran untuk membaca buku yang telah
tersedia di rak pojok kelas.
Tujuan
Budaya posistif membaca melalui
Pojok Baca peserta didik menjadi lebih gemar dalam membaca dan untuk mengenalkan
kepada siswa beragam sumber bacaan untuk dimanfaatkan sebagai media, sumber
belajar, serta memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan.
Tolok Ukur
· Peserta
Didik menjadi terbiasa membaca,
· Peserta
Didik menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat terutama ketika
presentasi,
· Meningkatkan
pengetahuan peserta didik.
Lini Masa Tindakan yang Dilakukan
· Melakukan
sosialisasi dengan kepala sekolah, guru/wali kelas dan peserta didik mengenai budaya
posistif membaca melalui Pojok Baca (Minggu ke-3),
· Guru
menjelaskan kepada peserta didik tentang pentingnya budaya posistif membaca
(Minggu ke-3),
· Guru/wali
kelas dan pengurus kelas membantu memfasilitasi bahan bacaan untuk peserta
didik (Minggu ke-3),
· Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membawa bahan bacaan yang
dibacanya dan saling berbagi bahan bacaan dengan teman lainnya (Minggu ke-3),
· Melakukan
kegiatan budaya posistif membaca melalui pojok baca pada jam istirahat dan atau
sebelum pembelajaran dimulai (Minggu ke-4),
· Mendokumentasikan setiap budaya posistif membaca melalui pojok baca ini di kelas (Minggu ke-4).
Dukungan yang Dibutuhkan
· Dukungan
dari kepala sekolah dan sesama rekan guru/wali kelas
· Orang tua sebagai pendamping peserta didik dalam menerapkan budaya positif
· Buku dan bahan bacaan disediakan oleh peserta didik dengan membawa koleksi bacaannya dari rumah.
0 komentar:
Post a Comment