SITEMAP

CONTACT US

Cari di Blog Ini

 
Selamat Datang di Web Blog Pembelajaran IPA Sahabat 2 Edu By: Ferry Yutama (ferry.yutama@gmail.com)

1.4.a.9.1. Forum Berbagi Aksi Nyata - Budaya Positif Gemar Membaca Melalui Pojok Baca

Tuesday, September 13, 2022

1.4.a.9. Forum Berbagi Aksi Nyata - Budaya Positif Gemar Membaca Melalui Pojok Baca

 

Ferry Yudha Pratama, S.Pd., Gr.

SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro


 Latar Belakang


Membaca merupakan hal penting dalam kehidupan karena segala semua kegiatan dilalui dengan membaca. Membaca adalah suatu proses untuk kegiatan yang digunakan pembaca guna memperoleh pesan yang akan disampaikan penulis melalui media kata-kata atau bahan tulis (Tarigan,1994:7).

Budaya membaca dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, salah satunya ialah memberitahukan fungsi dari membaca itu sendiri. Berikut dipaparkan beberapa fungsi membaca:

·  Membaca merupakan suatu gerbang untuk mencapai kesuksesan. Mengapa demikian? Karena dengan membaca kita dapat menambah ilmu serta wawasan, dengan begitu kita dapat mencapai gerbang kesuksesan dengan mudah. Tentu saja kita semua ingin menjadi orang sukses, maka dari itu kita harus membudidayakan budaya membaca sedini mungkin.

·  Membaca juga merupakan alat untuk menjelajah dunia. Hanya dengan membaca kita dapat mengetahui, mengenal, merasakan dunia tanpa harus benar-benar pergi keliling dunia. Kita hanya perlu membaca buku-buku mengenai sejarah-sejarah dunia, budaya-budaya yang ada di dunia, dll.

·  Membaca menuntun kita untuk menjadikan negara kita menjadi negara yang maju. Karena dengan banyak membaca, kita bisa menjadi orang yang cerdas. Dengan menjadi orang yang cerdas kita bisa membangun negara kita menjadi negara yang terpandang, negara yang tidak diremehkan, dan negara yang diakui karena kehebatannya.

Untuk itu salah satu cara dalam menciptakan lingkungan dengan budaya membaca adalah mengadakan Pojok Baca di setiap kelas. Pojok Baca adalah suatu kegiatan yang dilakukan siswa di setiap waktu luang disela-sela jam pelajaran untuk membaca buku yang telah tersedia di rak pojok kelas.

 

Tujuan

Budaya posistif membaca melalui Pojok Baca peserta didik menjadi lebih gemar dalam membaca dan untuk mengenalkan kepada siswa beragam sumber bacaan untuk dimanfaatkan sebagai media, sumber belajar, serta memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan.

 

Tolok Ukur

·  Peserta Didik menjadi terbiasa membaca,

·  Peserta Didik menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat terutama ketika presentasi,

·  Meningkatkan pengetahuan peserta didik.

 

Lini Masa Tindakan yang Dilakukan

· Melakukan sosialisasi dengan kepala sekolah, guru/wali kelas dan peserta didik mengenai budaya posistif membaca melalui Pojok Baca (Minggu ke-3),



·  Guru menjelaskan kepada peserta didik tentang pentingnya budaya posistif membaca (Minggu ke-3),



· Guru/wali kelas dan pengurus kelas membantu memfasilitasi bahan bacaan untuk peserta didik (Minggu ke-3),




· Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membawa bahan bacaan yang dibacanya dan saling berbagi bahan bacaan dengan teman lainnya (Minggu ke-3),


· Melakukan kegiatan budaya posistif membaca melalui pojok baca pada jam istirahat dan atau sebelum pembelajaran dimulai (Minggu ke-4),

·  Mendokumentasikan setiap budaya posistif membaca melalui pojok baca ini di kelas (Minggu ke-4).




Dukungan yang Dibutuhkan

·  Dukungan dari kepala sekolah dan sesama rekan guru/wali kelas

·  Orang tua sebagai pendamping peserta didik dalam menerapkan budaya positif

· Buku dan bahan bacaan disediakan oleh peserta didik dengan membawa koleksi bacaannya dari rumah.



Video Penerapan Budaya Positif Gemar Membaca Melalui Pojok Baca





0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to my Newsletter